STRATEGI PEMASARAN DI MEDIA SOSIAL PADA MEREK MARJAN
(CAMPAIGN #DESSERTMARJAN)



PENDAHULUAN

        Latar Belakang Masalah

    Penggunaan media sosial sudah menjadi bagian dari salah satu wadah untuk melakukan strategi pemasaran modern bagi banyak merek ataupun perusahaan. 

    Perkembangan pada teknologi digital yang pesat menjadikan media sosial tidak hanya menjadi platform untuk berinteraksi sosial tapi menjadi sarana bagi para perusahaan atau merek dalam membangun kesadaran merek, meningkatkan penjualan, membangun kepercayaan, serta meningkatkan keterlibatan pelanggan. 

    Merek Marjan adalah perusahaan dalam industri minuman di bawah naungan PT Lasallefood Indonesia yang sebelumnya di bawah PT. Suba Indah namun sudah dijual kepemilikannya dan merk marjan sudah ada sejak tahun 1975.
Marjan merupakan merek sirup yang masih eksis sejak tahun 1975 hingga sekarang, sehingga di era modern ini keterlibatan media sosial sebagai platform untuk melakukan pemasaran melalui media sosial tidak mungkin dihindaari.

    Platform sosial media yang digunakan oleh merk Marjan ada Instagram, Facebook dan YouTube. Penggunaan sosial media dalam pemasaran dapat membantu mengjangkau target yang lebih luas dan spesifik, serta dapat membangun citra merek yang lebih kuat, menginspirasi keterlibatan pelanggan dan mengoptimalkan hasil dari investasi pemasaran yang dilakukan.

    Salah satu strategi pemasaran Marjan di sosial media adalah dengan melakukan sebuah campaign yang meliputi quiz berhadiah, mengajak audiens untuk promosi dengan momposting produk Marjan dan membuat challenge berhadiah menarik. 


ANALISIS KASUS & PEMBAHASAN
        Profil Perusahaan

    Dikutip dari laman resmi PT. Lasallefood, Marjan merupakan merk dagang syrup dibawah naungan PT. Lasallefood yang sebelumnya dimiliki oleh PT. Suba Indah. Marjan didirikan oleh Muhammad Saleh Kurnia lewat PT. Suba Indah pada tahun 1975 bersama rekan-rekannya. Di dalam buku otobiografi yang berjudul “Perintis Ritel Modern Indonesia : Memoar Pendiri Group HERO” (2003) sebelum mendirikan Marjan, PT Suba Indah pada awalnya memproduksi susu namun kurang berhasil di pasaran. Kurnia dan rekan berinisiatif membuat bisnis minuman dikarenakan pada saat itu Indonesia masih bergantung pada produk luar negri sehingga setelah gagal dalam membuat produk susu, PT.Suba Indah memproduksi minuman sirup bermerk Marjan Bouduin yang sering diplesetkan namanya menjadi “Macan dibodoin” 

        Strategi Pemasaran

    Perusahaan Marjan di sosial media Pada akun Instagram Marjan @Marjanboudoin strategi pemasaran yang dilakukan oleh Marjan sering kali meliputi interaksi kepada followers ataupun konsumen berupa quiz ataupun lomba berhadiah. Dengan campaign tersebut, engagment pada akun marjan sering kali meroket dengan angka yang cukup tinggi berbanding dengan konten flyer infografis ataupun promosi produk seperti tips & tricks.

    Data yang diperoleh dari akun Instagram Marjan Boudin dari 1 Januari 2024 hingga 28 April 2024 memiliki 49 konten. Likes pada konten berupa flyer infografis ataupun promosi produk memiliki rentang likes dari 50-500 sedangkan untuk konten berupa quiz ataupun challenge memiliki rentang likes sebanyak 450 sampai yang tertinggi 16.3 ribu likes. Strategi tersebut efektif untuk menaikan traffic pada media sosial Instagram Marjan terlihat dari data di atas, traffic likes pada konten infografis ataupun informasi produk berbeda jauh dengan konten challange selain itu strategi ini dapat meningkatkan brand awarnes kepada masyarakat ataupun konsumen di sosial media Instagram.

        Mekanisme Campaign

Marjan memiliki campaign yang bernama “Challenge Marjan”, Challenge Marjan meliputi berupa quiz ataupun tantangan membuat kreasi dari minuman sirup Marjan. Campaign yang dijadikan sebagai bahan penilitan adalah campaign pada bulan Ramadhan yang bertemakan “Dessert Spesial Marjan” periode 18 Maret s/d 10 april 2024. Campaign ini memiliki tema membuat kreasi dessert menarik untuk takjil berbuka puasa menggunakan Sirup Marjan sebagai bahan utamanya, serta dengan hadiah menarik berupa 1 unit TV untuk juara 1, 1 unit Smartphone Samsung A15 untuk juara 2, 1 unit Microwave untuk juara 3, 1 unit Air Purifire untuk juara 4 serta e-wallet 200 ribu untuk 15 juara favorit..

Mekanisme serta persyaratan dalam Challenge Marjan berupa Dessert Spesial Marjan meliputi :

1. Follow akun Instagram @Marjanboudoin serta likes fanspage Facebook Marjan Sirup.
2. Membuat kreasi dessert untuk menu berbuka puasa dengan menggunakan sirup Marjan sebagai bahan utama serta cantumkan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kreasi dessert.
3. Berikan caption berupa alasan kenapa membuat kreasi dessert tersebut untuk berbuka puasa
4. Wajib tag akun Instagram @Marjanboudoin
5. Mention 5 orang teman pada postingan hasil kreasi dessert Marjan serta menggunakan 3 hashtag berupa, #HanyaMarjanYangBisa #SelaluAdaManisnya #DessertSpesialMarjan

Pada postingan campaign tersebut terdapat 1.219 likes serta 105 komentar pertanggal 28 April 2024, selain itu ada 180 partisipan dari peserta challenge Dessert Spesial Marjan berdasarkan perhitungan dari hashtag yang digunakan yaitu #DessertSpesialMarjan, namun untuk pengumuman pemenang pertanggal 28 April 2024 belum diadakan pengumuman pemenang dari challenge tersebut



Analisis SWOT merk Marjan

Marjan merupakan sebuah merk minuman sirup yang sudah berdiri sejak tahun 1975 dan sudah cukup dikenal oleh masyarakat, khususnya menjelang hari-hari perayaan. Dengan rasa yang cocok di lidah masyarakat Indonesia, Marjan sukses bertahan dan membangun kepercayaan kepada konsumen hingga saat ini.

Strenght
Sirup Marjan memiliki varian rasa yang cukup banyak serta setiap varian rasanya selalu pas dan cocok di masyarakat serta rasa yang cukup seimbang antara rasa manis dan tingkat keasamannya. Kualitas produk yang tinggi membuat Marjan mampu bertahan sejak tahun 1975 serta membuat masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi sehingga produknya selalu mudah dijumpai dan distribusinya yang luas.

Weakness
Walau Marjan memiliki banyak varian rasa, namun inovasi produk cukup terbatas. Selain itu Marjan hanyak bergantung pada pasar dalam negri sehingga cukup rentan terhadap perkembangan pasar domestik serta keterbatasan dalam hal promosi dan marketing kecuali pada momen menjelang bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri

Opportunity
Dengan kepercayaan masyarakat yang sudah tinggi, Marjan dapat mengambil kesempatan dengan membuat inovasi baru sehingga memperluas pasar.

Selain itu, Marjan juga dapat melakukan ekspansi baik di dalam negri dengan cara bekerja sama dengan restoran ataupun tempat kuliner untuk mengintegrasikan sirup Marjan ke dalam menu yang ada di restoran atau tempat kuliner ataupun melakukan ekspansi ke pasar international serta meningkatkan promosi serta pemasaran.

Threats
Walau Marjan sudah berdiri sejak lama, namun persaingan yang ketat dengan kompetitor juga sangat masif.

Dengan berkembangnya tren kesehatan, minuman Marjan yang mengandung banyak gula bisa menjadi ancaman bagi konsumen, selain itu peraturan atau regulasi pemerintah mengenai pajak ekstra terhadap makanan/minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi juga dapat berdampak terhadap keberlangsungan Marjan.

Harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitornya yang sejenis.

Analisis SWOT campaing Dessert Spesial Marjan & Evaluasi keberhasilan

Challenge Dessert Spesial Marjana merupakan challenge yang dibuat untuk menyambut hari raya Idul Fitri dengan memberikan hadiah-hadiah menarik kepada pemenang. Namun kita dapat menganalisa beberapa faktor berupa Strenght, Weakness, Opportunity serta Threats.

Strenght
Hadiah yang diberikan untuk para pemenang sangat menarik serta 15 peserta favorit juga mendapatkan hadiah uang digital sebanyak 200 ribu, selain itu tema dari challenge sangat sesuai dengan momen bulan Ramadhan serta menjelang hari raya Idul Fitri dan juga durasi pengerjaan yang cukup lama yaitu selama 23 hari dari 10 Maret 2024 sampai 10 April 2024.

Weaknes
Challenge terbatas pada platform Instagram namun para peserta juga diwajibkan untuk like fans page Sirup Marjan di Facebook sebagai syarat mengikuti challenge.
Cukup sulit bagi bagi orang yang tidak pandai membuat kreasi makanan ataupun dessert, selain itu tidak adanya tanggal pengumuman para pemenang, dan yang terakhir jumlah partisipan  berbanding jauh dengan followers akun Instagram Marjan yang mencapai 88.6 ribu followers berbebanding 180 partisipan.

Opportunity
Dengan syarat wajib mention 5 teman pada postingan kreasi dessert  serta wajib likes pada laman fans page Facebook Sirup Marjan dapat menaikan awarnes serta menaikan traffic dan juga engagment pada akun Instagram Marjan dan fans page Facebook

Threats
Kompetitor memiliki campaign yang serupa, kompetitor memiliki persyaratan yang lebih mudah serta challenge yang lebih bervariatif. Tidak hanya itu biaya yang diperlukan untuk mengikuti Dessert Special Marjan jauh lebih tinggi dibanding dengan kompetitor.

Evaluasi keberhasilan

Marja Boudoin sukses serta berhasil dalam mengunakan media sosial khususnya Instagram dalam melakukan promosi serta marketing secara digital melalui campaign yang diadakan baik berupa quiz ataupun challenge, dengan jumlah followers mencapai 88.6 ribu namun dengan followers sebanyak itu perbandingan antara traffic berupa likes dan comment sering kali tidak mendekati jumlah followers. Hal yang perlu menjadi catatan, perlunya memasang insta ads dengan reach yang lebih banyak agar jumlah followers dengan engagment pada setiap postingan bisa lebih meningkat. 

Namun admin pada akun Instagram @marjanboudoin cukup aktif dalam memberikan tanggapan terhadap komentar ataupun masukan dari para followers yang membuat interaksi antara konsumen/followers dengan pengelola akun Marjan memberikan dampak positif. Selain itu juga merek sirup Marjan yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat membuat Marjan tetap konsisten dalam memberikan produk produk terbaik kepada masyarakat serta konsumen, yang membuat ketika kita mencari pada laman google dengan kata kunci “Rekomendasi Sirup” merek marjan selalu masuk pada jajaran 3 teratas bersaing dengan kompetitornya seperti Sirup ABC dan Sirup Kurnia


Kesimpulan

Pada era teknologi informasi dan digital membuktikan bahwa merek sirup marjan yang sudah berdiri dari tahun 1975 masih tetap eksis serta relevan pada semua konsumen baik generasi lama maupun generasi muda dikarenakan adaptasi yang dilakukan dengan menjalar ke dalam sosial media sebagai salah satu bagian dari pemasaran produk-produk Marjan. Tidak hanyak itu, Marjan juga mampu bersaing dengan kompetitor serta membuat campaign campaign menarik dan interaktif di sosial media yang membuat konsumen menjadi lebih mengenal serta memberikan citra positif terhadap merek sirup Marjan.

Saran

Penelitian ini memang belum sempurna dikarenakan kurangnya data ataupun statistik yang berkaitan dengan reach ataupun engagment pada sosial media marjan khususnya Instagram @marjanboudoin. Namun apa yang dilampirkan dalam paper ini sudah dapat mendukung dikarenakan penulis melakukan riset sendiri secara langsung terhadap akun Instagram @marjanboudoin

 

----------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR PUSTAKA

Internet

Fakhriansyah, Muhammad. 2024. Tak Banyak Diketahui, Ternyata Ini Sosok Pencetus Sirup Marjan. CNBC. 30 Maret 2024

PT.Lasallefood Indonesia About Us

Amri, Aslin. 2023. Simak Profil Pemilik Sirup Marjan yang Iklannya Jadi Pembicaraan. Momsmoney. 28 Maret 2023

Subakti, Hani. 2023. 5 Strategi Marketing Viral Ala Marjan, Brand Yang Muncul Setiap Ramadhan. Bit Hour Production. 11 September 2023

Farra. 2023. Analisis SWOT Sirup Marjan: Membongkar Keajaiban Rasa yang Berbeda!. Perpus Teknik. 17 Agustus 2023

Jurnal

Krisnawati, Rahma. 2023. Analisis Iklan Sirup Marjan Dalam Mendapatkan Atensi Publik Universitas Negri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional

Taan, Hapsawati. Radji, Lesmana Joko. Rasjid, Herlina. Indriyani. 2021.
Sosial Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image Universitas Negri Gorontalo. SEIKO : Journal of Management & Business

Hidayah, Sofi Nur. 2024 Strategi Komunikasi Pemasaran Sirup Marjan Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Moment Ramadhan Tahun 2023. Perpustakaan UIN Gusdur.

---------------------------------------------------------------------------

Blog Ini dibuat untuk
Memenuhi Kewajiban Tugas Individu Mata Kuliah Sosial Media Strategis

Diketik Oleh :
Muhammad Anargya Vaika | NIM : 44230295 | KELAS : 44.2M.01

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BAHASA

UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini