(CAMPAIGN #DESSERTMARJAN)
Analisis SWOT merk Marjan
Marjan merupakan sebuah merk minuman sirup yang sudah berdiri sejak tahun 1975 dan sudah cukup dikenal oleh masyarakat, khususnya menjelang hari-hari perayaan. Dengan rasa yang cocok di lidah masyarakat Indonesia, Marjan sukses bertahan dan membangun kepercayaan kepada konsumen hingga saat ini.
Strenght
Sirup Marjan memiliki varian rasa yang cukup banyak serta setiap varian rasanya selalu pas dan cocok di masyarakat serta rasa yang cukup seimbang antara rasa manis dan tingkat keasamannya. Kualitas produk yang tinggi membuat Marjan mampu bertahan sejak tahun 1975 serta membuat masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi sehingga produknya selalu mudah dijumpai dan distribusinya yang luas.
Weakness
Walau Marjan memiliki banyak varian rasa, namun inovasi produk cukup terbatas. Selain itu Marjan hanyak bergantung pada pasar dalam negri sehingga cukup rentan terhadap perkembangan pasar domestik serta keterbatasan dalam hal promosi dan marketing kecuali pada momen menjelang bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri
Opportunity
Dengan kepercayaan masyarakat yang sudah tinggi, Marjan dapat mengambil kesempatan dengan membuat inovasi baru sehingga memperluas pasar.
Selain itu, Marjan juga dapat melakukan ekspansi baik di dalam negri dengan cara bekerja sama dengan restoran ataupun tempat kuliner untuk mengintegrasikan sirup Marjan ke dalam menu yang ada di restoran atau tempat kuliner ataupun melakukan ekspansi ke pasar international serta meningkatkan promosi serta pemasaran.
Threats
Walau Marjan sudah berdiri sejak lama, namun persaingan yang ketat dengan kompetitor juga sangat masif.
Dengan berkembangnya tren kesehatan, minuman Marjan yang mengandung banyak gula bisa menjadi ancaman bagi konsumen, selain itu peraturan atau regulasi pemerintah mengenai pajak ekstra terhadap makanan/minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi juga dapat berdampak terhadap keberlangsungan Marjan.
Harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitornya yang sejenis.
Analisis SWOT campaing Dessert Spesial Marjan & Evaluasi keberhasilan
Challenge Dessert Spesial Marjana merupakan challenge yang dibuat untuk menyambut hari raya Idul Fitri dengan memberikan hadiah-hadiah menarik kepada pemenang. Namun kita dapat menganalisa beberapa faktor berupa Strenght, Weakness, Opportunity serta Threats.
Strenght
Hadiah yang diberikan untuk para pemenang sangat menarik serta 15 peserta favorit juga mendapatkan hadiah uang digital sebanyak 200 ribu, selain itu tema dari challenge sangat sesuai dengan momen bulan Ramadhan serta menjelang hari raya Idul Fitri dan juga durasi pengerjaan yang cukup lama yaitu selama 23 hari dari 10 Maret 2024 sampai 10 April 2024.
Weaknes
Challenge terbatas pada platform Instagram namun para peserta juga diwajibkan untuk like fans page Sirup Marjan di Facebook sebagai syarat mengikuti challenge.
Cukup sulit bagi bagi orang yang tidak pandai membuat kreasi makanan ataupun dessert, selain itu tidak adanya tanggal pengumuman para pemenang, dan yang terakhir jumlah partisipan berbanding jauh dengan followers akun Instagram Marjan yang mencapai 88.6 ribu followers berbebanding 180 partisipan.
Opportunity
Dengan syarat wajib mention 5 teman pada postingan kreasi dessert serta wajib likes pada laman fans page Facebook Sirup Marjan dapat menaikan awarnes serta menaikan traffic dan juga engagment pada akun Instagram Marjan dan fans page Facebook
Threats
Kompetitor memiliki campaign yang serupa, kompetitor memiliki persyaratan yang lebih mudah serta challenge yang lebih bervariatif. Tidak hanya itu biaya yang diperlukan untuk mengikuti Dessert Special Marjan jauh lebih tinggi dibanding dengan kompetitor.
Evaluasi keberhasilan
Marja Boudoin sukses serta berhasil dalam mengunakan media sosial khususnya Instagram dalam melakukan promosi serta marketing secara digital melalui campaign yang diadakan baik berupa quiz ataupun challenge, dengan jumlah followers mencapai 88.6 ribu namun dengan followers sebanyak itu perbandingan antara traffic berupa likes dan comment sering kali tidak mendekati jumlah followers. Hal yang perlu menjadi catatan, perlunya memasang insta ads dengan reach yang lebih banyak agar jumlah followers dengan engagment pada setiap postingan bisa lebih meningkat.
Namun admin pada akun Instagram @marjanboudoin cukup aktif dalam memberikan tanggapan terhadap komentar ataupun masukan dari para followers yang membuat interaksi antara konsumen/followers dengan pengelola akun Marjan memberikan dampak positif. Selain itu juga merek sirup Marjan yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat membuat Marjan tetap konsisten dalam memberikan produk produk terbaik kepada masyarakat serta konsumen, yang membuat ketika kita mencari pada laman google dengan kata kunci “Rekomendasi Sirup” merek marjan selalu masuk pada jajaran 3 teratas bersaing dengan kompetitornya seperti Sirup ABC dan Sirup Kurnia
Kesimpulan
Pada era teknologi informasi dan digital membuktikan bahwa merek sirup marjan yang sudah berdiri dari tahun 1975 masih tetap eksis serta relevan pada semua konsumen baik generasi lama maupun generasi muda dikarenakan adaptasi yang dilakukan dengan menjalar ke dalam sosial media sebagai salah satu bagian dari pemasaran produk-produk Marjan. Tidak hanyak itu, Marjan juga mampu bersaing dengan kompetitor serta membuat campaign campaign menarik dan interaktif di sosial media yang membuat konsumen menjadi lebih mengenal serta memberikan citra positif terhadap merek sirup Marjan.
Saran
Penelitian ini memang belum sempurna dikarenakan kurangnya data ataupun statistik yang berkaitan dengan reach ataupun engagment pada sosial media marjan khususnya Instagram @marjanboudoin. Namun apa yang dilampirkan dalam paper ini sudah dapat mendukung dikarenakan penulis melakukan riset sendiri secara langsung terhadap akun Instagram @marjanboudoin
----------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR PUSTAKA
Internet
Fakhriansyah, Muhammad. 2024. Tak Banyak Diketahui, Ternyata Ini Sosok Pencetus Sirup Marjan. CNBC. 30 Maret 2024
PT.Lasallefood Indonesia About Us
Amri, Aslin. 2023. Simak Profil Pemilik Sirup Marjan yang Iklannya Jadi Pembicaraan. Momsmoney. 28 Maret 2023
Subakti, Hani. 2023. 5 Strategi Marketing Viral Ala Marjan, Brand Yang Muncul Setiap Ramadhan. Bit Hour Production. 11 September 2023
Farra. 2023. Analisis SWOT Sirup Marjan: Membongkar Keajaiban Rasa yang Berbeda!. Perpus Teknik. 17 Agustus 2023
Jurnal
Krisnawati, Rahma. 2023. Analisis Iklan Sirup Marjan Dalam Mendapatkan Atensi Publik Universitas Negri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional
Taan, Hapsawati. Radji, Lesmana Joko. Rasjid, Herlina. Indriyani. 2021.
Sosial Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image Universitas Negri Gorontalo. SEIKO : Journal of Management & Business
Hidayah, Sofi Nur. 2024 Strategi Komunikasi Pemasaran Sirup Marjan Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Moment Ramadhan Tahun 2023. Perpustakaan UIN Gusdur.
Blog Ini dibuat untuk
Memenuhi Kewajiban Tugas Individu Mata Kuliah Sosial Media Strategis
Diketik Oleh :
Muhammad Anargya Vaika | NIM : 44230295 | KELAS : 44.2M.01
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BAHASA
UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
Komentar
Posting Komentar